Persebaran Jenis Tanah dan Pemanfaatannya

  1. Litosol, yaitu tanah yang baru mengalami peapukan dan sama sekali belum mengalami perkembangan tanah. Berasal dari lbatuan-batuan konglomerat dan granit, kesuburannya cukup, dan cocok dimanfaatkan untuk jenis tanmana hutan. Penyebarannya di : Jawa Tengah, Jawa Timur, Madura, Nusa Tenggara, Maluku Selatan dan Sumatera.

  2. Latosol, yaitu tanah yang telah mengalami pelapukan intensif, warna tanah tergantung susunan bahan induknya dan keadaan iklim. Latosol merah berasal dari vulkan intermedier, tanah ini subur, dan dimanfaatkan untuk pertanian dan perkebunan. Penyebarannya di seluruh Indonesia, kecuali di Nusa Tenggara dan Maluku Selatan.

  3. Aluvial ialah tanah muda yang berasal dari hasil pengendapan. Sifatnya tergantung dari asalnya yang dibawa oleh sungai. Tanah aluvial yang berasal dari gunung api umumnya subur karena banyak mengandung mineral. Tanah ini sangat cocok untuk persawahan. Penyebarannya di lembah-lembah sungai dan dataran pantai seperti misalnya, di Kerawang, Indramayu, Delta Brantas.

  4. Regosol, belum jelas menampakkan pemisahan horisonnya. Tanah regosol terdiri dari: regosol abu vulkanik, bukit pasir, batuan sedimen, tanah ini cukup subur. Jenis tanah latosol terdiri dari ; latosol merah kuning, cokelat kemerahan, cokelat, cokelat kekuningan. Tanah ini cocok dimanfaatkan untuk pertanian padi, palawija, kelapa, dan tebu. Penyebarannya di sekitar lereng gunung-gunung berapi.

  5. Grumusol atau Margalit, terdiri dari beberapa macam; grumusol pada batu kapur, grumusol pada sedimen tuff, grumusol pada lembah-lembah kaki pegunungan, grumusol endapan aluvial. Kesuburan cukup. dimanfaatkan untuk pertanian padi, dan tebu. Penyebarannya di Madura, Gunung Kidul, Jawa Timur dan Nusa Tenggara.

  6. Organosol, mengandung paling banyak bahan organik, tidak mengalami perkembangan profil, disebut juga tanah gambut. Bahan organik ini terdiri atas akumulasi sisa-sisa vegetasi yang telah mengalami humifikasi, tetapi belum mengalami mineralisasi. Tanah ini kurang subur. Tanah ini belum dimanfaatkan, tetapi dapat dimanfaatkan untuk persawahan. Penyebarannya di Sumatera sepanjang pantai Utara, Kalimantan dan Irian Barat/Papua.

30 Komentar (+add yours?)

  1. natalia
    Okt 29, 2008 @ 14:03:46

    kok persebarannya hanya wilayah kenapa tidak di buat per propinsi aja supaya bisa lebih jelas lagi…

    Balas

  2. widya
    Mar 07, 2009 @ 10:58:16

    Koq jenis tanahnya hanya 6 sih?? bukannya ada 12 y???

    Balas

  3. adeiss
    Mar 11, 2009 @ 09:16:06

    makassi banget atas infonya..

    Balas

  4. Hilda
    Jul 26, 2009 @ 13:57:45

    Kok gak lengkap?????

    Balas

  5. MmmMmM
    Agu 02, 2009 @ 08:29:20

    Bagus…

    Balas

  6. Liiidyaa
    Agu 02, 2009 @ 11:43:17

    emh…..bisa lebih lengkap g???
    bwt gzz nie….
    thx…..

    Balas

  7. wulan
    Agu 03, 2009 @ 11:52:59

    kok jenis tanahnya cuma 6 sich ??????????
    bknx ada lebih dr 6 yaaaaaaaaaaaaaaaa????????????????

    Balas

  8. adli firus
    Okt 07, 2009 @ 08:16:13

    lebih lengkap lagi jangan setengah-setengah !
    huhuhuhu pppppppppppaaaaaaaaaayyyyyyyyyyyyyyyahhhhhhh ! :(

    Balas

  9. bana
    Okt 14, 2009 @ 12:02:50

    mana jenis tanah mediteran

    Balas

  10. galuh
    Jan 11, 2010 @ 13:25:52

    tanah andosol adalah hsil pelapukan vulkanik..yang saya tanyakan…dilereng gunung apakah itu bisa trjadi suatu perubhan dan akan terjadi gempa yang mengehkibatkan tanah menjadi longsor…?

    Balas

  11. Vahlevi Reza
    Mei 06, 2010 @ 11:51:42

    kalo podsolik cocok buat apa donk??

    Balas

  12. rayhan
    Jul 24, 2010 @ 10:57:43

    bukan 12 tetapi tanah jumlah nya hanya 9 kata guru saya

    Balas

  13. rayhan
    Jul 24, 2010 @ 10:58:56

    biar tau kamu segalanya tentang tanah
    kontol

    Balas

  14. rayhan
    Jul 24, 2010 @ 10:59:25

    bujang omak kamu anak anjing

    Balas

  15. MoNK_
    Agu 14, 2010 @ 04:14:01

    kalo persebaran tanah d mlg gmn ????????

    butuh niihh …

    Balas

  16. widhya
    Agu 15, 2010 @ 07:20:20

    knp gg lengkap sii??? ad tgas nee?? susah bgt nyari nyaa??

    Balas

  17. selga
    Agu 23, 2010 @ 12:24:41

    thanks ya, pasti guru w bangga , hahahahaha (GR)

    Balas

  18. iedaa
    Agu 25, 2010 @ 07:04:02

    cukup membantu..
    terima kasii..

    Balas

  19. debora
    Sep 23, 2010 @ 10:08:20

    terimakasih atas informasi nya

    Balas

  20. arum
    Sep 25, 2010 @ 07:39:43

    klo mau nyari artikel tanah dan persebarannya gimana?????

    Balas

  21. aulia
    Nov 08, 2010 @ 09:02:40

    sedikit banget, bisa di tmbh nggak??

    Balas

  22. tyar kuraya
    Apr 13, 2011 @ 03:40:51

    mksh ne infox…….

    Balas

  23. Donny Prakasa Budi Satria
    Mei 02, 2011 @ 15:28:43

    Mau nambahin aja, ciri lain dari Grumusol adalah menunjukkan penampakan pecah2 atau retak2 pada permukaannya apabila mengalami musim panas atau kering yang panjang.

    Balas

  24. da_
    Jun 03, 2011 @ 12:00:19

    makasih bnyakk :)

    Balas

  25. andi risnala dewi
    Jul 25, 2011 @ 10:21:09

    jawaban nya kurang lengkap ,,,

    Balas

  26. andy
    Agu 02, 2011 @ 04:53:03

    hahaha :D

    Balas

  27. dewy_FIzh
    Agu 03, 2011 @ 12:47:43

    bukannya jenis dan persebaran tanah di indonesia ada 12 zzaa ….. ????

    trimz :)

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: